08 August 2011

Ceramah pg,11 Amalan Ketika Berbuka Puasa

Ketika berbuka puasa sebenarnya terdapat berbagai amalan yang membawa kebaikan dan keberkahan. Namun seringkali kita melalaikannya, lebih disibukkan dengan hal lainnya. Hal yang utama yang sering dilupakan adalah do'a. Secara lebih lengkapnya, mari kita lihat tulisan berikut seputar sunnah-sunnah ketika berbuka puasa:
1 - Menyegerakan berbuka puasa

Yang dimaksud menyegerakan berbuka puasa, bukan berarti kita berbuka sebelum waktunya. Namun yang dimaksud adalah ketika matahari telah tenggelam atau ditandai dengan dikumandangkannya adzan Maghrib, maka segeralah berbuka. Dan tidak perlu sampai selesai adzan atau selesai shalat Maghrib. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

"Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR. Bukhari no. 1957 dan Muslim no. 1098)

Dalam hadits yang lain disebutkan,

لَا تَزَالُ أُمَّتِى عَلَى سُنَّتِى مَا لَمْ تَنْتَظِرْ بِفِطْرِهَا النُجُوْمَ

"Umatku akan senantiasa berada di atas sunnahku (ajaranku) selama tidak menunggu munculnya bintang untuk berbuka puasa." (HR. Ibnu Hibban 8/277 dan Ibnu Khuzaimah 3/275, sanad shahih). Inilah yang ditiru oleh Rafidhah (Syi'ah), mereka meniru Yahudi dan Nashrani dalam berbuka puasa. Mereka baru berbuka ketika munculnya bintang. Semoga Allah melindungi kita dari kesesatan mereka. (Lihat Shifat Shoum Nabi, 63)

Nabi kita shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum menunaikan shalat Maghrib dan bukanlah menunggu hingga shalat Maghrib selesai dikerjakan. Inilah contoh dan akhlaq dari suri tauladan kita shallallahu 'alaihi wa sallam. Sebagaimana Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada rothb, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air." (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3/164, hasan shahih)
2 - Berbuka dengan rothb, tamr atau seteguk air

Sebagaimana disebutkan dalam hadits Anas bin Malik di atas, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sangat menyukai berbuka dengan rothb (kurma basah) karena rothb amat enak dinikmati. Namun kita jarang menemukan rothb di negeri kita karena kurma yang sudah sampai ke negeri kita kebanyakan adalah kurma kering (tamr). Jika tidak ada rothb, barulah kita mencari tamr (kurma kering). Jika tidak ada kedua kurma tersebut, maka bisa beralih ke makanan yang manis-manis sebagai pengganti. Kata ulama Syafi'iyah, ketika puasa penglihatan kita biasa berkurang, kurma itulah sebagai pemulihnya dan makanan manis itu semakna dengannya (Kifayatul Akhyar, 289). Jika tidak ada lagi, maka berbukalah dengan seteguk air. Inilah yang diisyaratkan dalam hadits Anas di atas.
3 - Sebelum makan berbuka, ucapkanlah 'bismillah' agar tambah barokah

Inilah yang dituntunkan dalam Islam agar makan kita menjadi barokah, artinya menuai kebaikan yang banyak.

Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

"Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala (yaitu membaca 'bismillah'). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta'ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: "Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)"." (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858, hasan shahih)

Dari Wahsyi bin Harb dari ayahnya dari kakeknya bahwa para sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata,

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّا نَأْكُلُ وَلاَ نَشْبَعُ. قَالَ « فَلَعَلَّكُمْ تَفْتَرِقُونَ ». قَالُوا نَعَمْ. قَالَ « فَاجْتَمِعُوا عَلَى طَعَامِكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ يُبَارَكْ لَكُمْ فِيهِ »

"Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami makan dan tidak merasa kenyang?" Beliau bersabda: "Kemungkinan kalian makan sendiri-sendiri." Mereka menjawab, "Ya." Beliau bersabda: "Hendaklah kalian makan secara bersama-sama, dan sebutlah nama Allah, maka kalian akan diberi berkah padanya." (HR. Abu Daud no. 3764, hasan). Hadits ini menunjukkan bahwa agar makan penuh keberkahan, maka ucapkanlah bismilah serta keberkahan bisa bertambah dengan makan berjama'ah (bersama-sama).
4 - Berdo'a ketika berbuka "Dzahabazh zhoma-u …"

Ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhuma berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا أَفْطَرَ قَالَ « ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ ».

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika telah berbuka mengucapkan: 'Dzahabazh zhoma'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah)'." (HR. Abu Daud no. 2357, hasan).

Do'a ini bukan berarti dibaca sebelum berbuka dan bukan berarti puasa itu baru batal ketika membaca do'a di atas. Ketika ingin makan, tetap membaca 'bismillah' sebagaimana dituntunkan dalam penjelasan sebelumnya. Ketika berbuka, mulailah dengan membaca 'bismillah', lalu santaplah beberapa kurma, kemudian ucapkan do'a di atas 'dzahabazh zhoma-u …'. Karena do'a di atas sebagaimana makna tekstual dari "إِذَا أَفْطَرَ ", berarti ketika setelah berbuka.

Catatan: Adapun do'a berbuka, "Allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthortu (Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku berbuka)" Do'a ini berasal dari hadits hadits dho'if (lemah). Begitu pula do'a berbuka, "Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa 'ala rizqika afthortu" (Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rizki-Mu aku berbuka), Mula 'Ali Al Qori mengatakan, "Tambahan "wa bika aamantu" adalah tambahan yang tidak diketahui sanadnya, walaupun makna do'a tersebut shahih. Sehingga cukup do'a shahih yang kami sebutkan di atas (dzahabazh zhomau …) yang hendaknya jadi pegangan dalam amalan.
5 - Berdo'a secara umum ketika berbuka

Ketika berbuka adalah waktu mustajabnya do'a. Jadi janganlah seorang muslim melewatkannya. Manfaatkan moment tersebut untuk berdo'a kepada Allah untuk urusan dunia dan akhirat. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

"Ada tiga orang yang do'anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do'a orang yang terzholimi." (HR. Tirmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16/396, shahih). Ketika berbuka adalah waktu terkabulnya do'a karena ketika itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri (Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 7: 194).
6 - Memberi makan berbuka

Jika kita diberi kelebihan rizki oleh Allah, manfaatkan waktu Ramadhan untuk banyak-banyak berderma, di antaranya adalah dengan memberi makan berbuka karena pahalanya yang amat besar. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, hasan shahih)
7 - Mendoakan orang yang beri makan berbuka

Ketika ada yang memberi kebaikan kepada kita, maka balaslah semisal ketika diberi makan berbuka. Jika kita tidak mampu membalas kebaikannya dengan memberi yang semisal, maka doakanlah ia. Dari 'Abdullah bin 'Umar, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

وَمَنْ صَنَعَ إِلَيْكُمْ مَعْرُوفًا فَكَافِئُوهُ فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا مَا تُكَافِئُونَهُ فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَرَوْا أَنَّكُمْ قَدْ كَافَأْتُمُوهُ

"Barangsiapa yang memberi kebaikan untukmu, maka balaslah. Jika engkau tidak dapati sesuatu untuk membalas kebaikannya, maka do'akanlah ia sampai engkau yakin engkau telah membalas kebaikannya." (HR. Abu Daud no. 1672 dan Ibnu Hibban 8/199, shahih)

Ketika Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam diberi minum, beliau pun mengangkat kepalanya ke langit dan mengucapkan,

اللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِى وَأَسْقِ مَنْ أَسْقَانِى

"Allahumma ath'im man ath'amanii wa asqi man asqoonii" [Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku]" (HR. Muslim no. 2055)
8 - Ketika berbuka puasa di rumah orang lain

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika disuguhkan makanan oleh Sa'ad bin 'Ubadah, beliau mengucapkan,

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُونَ وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ الأَبْرَارُ وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

"Afthoro 'indakumush shoo-imuuna wa akala tho'amakumul abroor wa shollat 'alaikumul malaa-ikah [Orang-orang yang berpuasa berbuka di tempat kalian, orang-orang yang baik menyantap makanan kalian dan malaikat pun mendo'akan agar kalian mendapat rahmat]." (HR. Abu Daud no. 3854 dan Ibnu Majah no. 1747 dan Ahmad 3/118, shahih)
9 - Ketika menikmati susu saat berbuka

Dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَطْعَمَهُ اللَّهُ الطَّعَامَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَأَطْعِمْنَا خَيْرًا مِنْهُ. وَمَنْ سَقَاهُ اللَّهُ لَبَنًا فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَزِدْنَا مِنْهُ

"Barang siapa yang Allah beri makan hendaknya ia berdoa: "Allaahumma baarik lanaa fiihi wa ath'imnaa khoiron minhu" (Ya Allah, berkahilah kami padanya dan berilah kami makan yang lebih baik darinya). Barang siapa yang Allah beri minum susu maka hendaknya ia berdoa: "Allaahumma baarik lanaa fiihi wa zidnaa minhu" (Ya Allah, berkahilah kami padanya dan tambahkanlah darinya). Rasulullah shallallahu wa 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidak ada sesuatu yang bisa menggantikan makan dan minum selain susu." (HR. Tirmidzi no. 3455, Abu Daud no. 3730, Ibnu Majah no. 3322, hasan)
10 - Minum dengan tiga nafas dan membaca 'bismillah'

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata,

كان يشرب في ثلاثة أنفاس إذا أدنى الإناء إلى فيه سمى الله تعالى وإذا أخره حمد الله تعالى يفعل ذلك ثلاث مرات

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa minum dengan tiga nafas. Jika wadah minuman didekati ke mulut beliau, beliau menyebut nama Allah Ta'ala. Jika selesai satu nafas, beliau bertahmid (memuji) Allah Ta'ala. Beliau lakukan seperti ini tiga kali." (Shahih, As Silsilah Ash Shohihah no. 1277)
11 - Berdoa sesudah makan

Di antara do'a yang shahih yang dapat diamalkan dan memiliki keutamaan luar biasa adalah do'a yang diajarkan dalam hadits berikut. Dari Mu'adz bin Anas, dari ayahnya ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَكَلَ طَعَامًا فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنِى هَذَا وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ. غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barang siapa yang makan makanan kemudian mengucapkan: "Alhamdulillaahilladzii ath'amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin" (Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan merizkikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku), maka diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Tirmidzi no. 3458, hasan)

Namun jika mencukupkan dengan ucapan "alhamdulillah" setelah makan juga dibolehkan berdasarkan hadits Anas bin Malik, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنِ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الأَكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا أَوْ يَشْرَبَ الشَّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا

"Sesungguhnya Allah Ta'ala sangat suka kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum" (HR. Muslim no. 2734) An Nawawi rahimahullah mengatakan, "Jika seseorang mencukupkan dengan bacaan "alhamdulillah" saja, maka itu sudah dikatakan menjalankan sunnah." (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 17: 51)

Demikian beberapa amalan ketika berbuka puasa. Moga yang sederhana ini bisa kita amalkan. Dan moga bulan Ramadhan kita penuh dengan kebaikan dan keberkahan. Wallahu waliyyut taufiq.

Alhamdulillahilladzi bi ni'matihi tatimmush sholihaat.

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

04 August 2011

Dimanakah Allah ? – Ini Jawaban Al-Imaam Maalik Bi n Anas Rahimahullah

Permasalahan 'dimanakah Allah' adalah permasalahan krusial yang di jaman dulu para imam kita dari kalangan salaf mudah menjawabnya dengan jawaban sederhana, namun menjadi susah oleh generasi setelahnya. Generasikhalaf, terutama yang berafiliasi dengan kelompok Asyaa'irah, membuat aneka jawaban yang susah untuk dimengerti, mempersulit diri sendiri. Dulu, ketika Nabishallallaahu 'alaihi wa sallambertanya kepada seorang budak wanita 'dimanakah Allah', dengan mudah dijawab : 'Di atas langit'. Beliaushallallaahu 'alaihi wa sallampun membenarkannya.[1]Tidak terkecuali Imam Daaril-Hijrah, Maalik bin Anasrahimahullah. Beliau pun – sebagaimana salaf beliau dari kalangan shahabat dantaabi'iin– menjawab dengan jawaban yang mudah, ringkas, dan jelas. Berikut riwayatnya :حدثني أبي رحمه الله حدثنا سريج بن النعمان حدثنا عبدالله بن نافع قال كان مالك بن أنس يقول الايمان قول وعمل ويقول كلم الله موسى وقال مالك الله في السماء وعلمه في كل مكان لا يخلو منه شيءTelah menceritakan kepadaku ayahkurahimahullah: Telah menceritakan kepada kami Suraij bin An-Nu'maan : Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Naafi', ia berkata : "Maalik bin Anas pernah berkata : 'Iman itu adalah perkataan dan perbuatan, Allah berbicara kepada Muusaa,Allah berada di langit dan ilmu-Nya ada di setiap tempat – tidak ada sesuatupun yang luput dari-Nya" [Diriwayatkan oleh 'Abdullah bin Ahmad dalamAs-Sunnah, hal. 280 no. 532; shahih].Diriwayatkan juga oleh Abu Daawud dalamMasaail-nya hal. 263, Al-Aajuriiy dalamAsy-Syarii'ah, 2/67-68 no. 695-696, Al-Laalikaa'iy dalamSyarh Ushuulil-I'tiqaadhal. 401 no. 673, Ibnu 'Abdil-Barr dlamAt-Tamhiid7/138, dan Ibnu Qudaamah dalamItsbaatu Shifaatil-'Ulluwhal. 166 no. 76.Suraij bin An-Nu'maan bin Marwaan Al-Jauhariy, Abul-Hasan (atau Abul-Husain) Al-Baghdaadiy; seorang yangtsiqah, sedikit melakukan kekeliruan. Wafat tahun 117 H [Taqriibut-Tahdziib, hal. 366 no. 2231].'Abdullah bin Naafi' bin Abi Naafi' Ash-Shaaigh Al-Makhzuumiy, Abu Muhammad Al-Madaniy; seorang yangtsiqah,shahiihul-kitaab, namun pada hapalannya terdapat kelemahan (layyin). Wafat tahun 206 H [idem, hal. 552, no. 3683].Namun, kalangan Asyaa'irah[2]lagi-lagi berusaha menafikkanatsarini. Merekamelemahkannya darifaktor 'Abdullah bin Naafi', karena sebagianhuffadhmengkritik hapalannya. Namun alasan ini tidaklah valid. Disamping pujian ulama tentang ketsiqahannya secara khusus[3], maka ia juga dikenalshaahibuMaalik dalam periwayatandan lebih diutamakan dibanding yang lainnya.Ibnu Sa'drahimahullahberkata :كان قد لزم مالك بن أنس لزوما شديدا لا يقدم عليه أحد"Ia melazimi Maalik bin Anas dengan amat sangat, tidak ada seorang pun yang mendahuluinya".Ibnu 'Adiyrahimahullahberkata :روى عن مالك غرائب ، و هو فى رواياته مستقيم الحديث"Ia meriwayatkan beberapa riwayatghariibdari Maalik. Dan ia dalam riwayatnya (Maalik)mustaqiimul-hadiits".Ibnu Ma'iinrahimahullahberkata :وعبد الله بن نافع ثبت فيه"Dan 'Abdullah bin Naafi'tsabtdalam riwayat Maalik".Ahmad bin Hanbalrahimahullahberkata :كان عبد الله بن نافع أعلم الناس برأى مالك و حديثه ، كان يحفظ حديث مالك كله ثم دخله بآخرة شك"'Abdullah bin Naafi' adalah orang yang paling mengetahui tentang pendapat dan hadits Maalik. Ia menghapal semua hadits Maalik, namun timbul keraguan di akhir hayatnya".Abu Daawudrahimahullahberkata :وكان عبد الله عالما بمالك ، و كان صاحب فقه"'Abdullah adalah seorang 'aalimtentang Maalik, seorang ahli fiqh".Ahmad bin Shaalih Al-Mishriyrahimahullahberkata :كان أعلم الناس بمالك، و حديثه"Ia adalah orang yang paling mengetahui tentang Maalik dan haditsnya".[lihat :Tahdziibut-Tahdziib, 6/52].Dan khusus Al-Imaam Ahmad (yang perkataannya di atas sering dijadikan alasan untuk melemahkanatsarini), maka beliau menyepakati apa yang dikatakan Al-Imaam Maalik bin Anasrahimahullahdengan periwayatan dari 'Abdullah bin Naafi' ini.حدثنا أبو الفضل جعفر بن محمد الصندلى قال : حدثنا الفضل بن زياد قال : سمعت أبا عبد الله أحمد بن حنبل يقول : قال مالك بن أنس : الله عز وجل في السماء وعلمه في كل مكان ، لا يخلو منه مكان ، فقلت : من أخبرك عن مالك بهذا ؟ قال : سمعته من شريح بن النعمان ، عن عبد الله بن نافعTelah menceritakan kepada kami Abul-Fadhl Ja'far bin Muhammad Ash-Shandaliy, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Fadhl bin Ziyaad, ia berkata : Aku mendengar Abu 'Abdillah Ahmad bin Hanbal berkata : Telah berkata Maalik bin Anas : "Allah'azza wa jallaberada di langit dan ilmu-Nya ada di setiap tempat. Tidak ada sesuatupun yang luput dari-Nya". Lalu aku (Al-Fadhl bin Ziyaad) berkata : "Siapakah yang mengkhabarkan kepadamu dari Maalik perkataan ini ?". Ahmad berkata : "Aku mendengarnya dari Syuraih bin An-Nu'maan, dari 'Abdullah bin Naafi'" [Diriwayatkan oleh Al-Aajuriiy dalamAsy-Syarii'ah, no. 696].Dan kemudian ia (Ahmad) berhujjah dalam masalah 'aqidah ini seperti dikatakan Maalik, sebagaimana terdapat dalam riwayat :فقال يوسف بن موسى القطان شيخ أبي بكر الخلال قيل لأبي عبد الله : الله فوق السماء السابعة على عرشه بائن من خلقه وقدرته وعلمه بكل مكان قال : نعم هو على عرشه ولا يخلو شيء من علمهTelah berkata Yuusuf bin Muusaa Al-Qaththaan, syaikh Abu Bakr Al-Khallaal : Dikatakan kepada Abu 'Abdillah : "Apakah Allah berada di atas langit yang tujuh, di atas 'Arsy-Nya, berbeda dengan makhluk-Nya, serta kekuasaan-Nya dan ilmu-Nya ada di setiap tempat ?". Ia (Ahmad) menjawab : "Benar, Allah ada di atas 'Arsy-Nya, tidak ada sesuatupun yang luput dari ilmu-Nya" [Diriwayatkan oleh Al-Khallaal sebagaimana disebutkan oleh Adz-Dzahabiy dalamAl-'Ulluwhal. 130; shahih].Banyak riwayat-riwayat Al-Imam Ahmad yang menjelaskan hal yang semisal.Al-Laalikaa'iyrahimahullahberkata :وقال عز وجل (يَصْعَدُ الْكَلِمُ الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُالصَّالِحُ يَرْفَعُهُ) وقال : (أَأَمِنْتُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ أَنْ يَخْسِفَ بِكُمُ الأرْضَ) وقال : (وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً) فدلت هذه الآيات أنه تعالىفي السماء وعلمه بكل مكان من أرضه وسمائه . وروى ذلك من الصحابة : عن عمر ، وابن مسعود ، وابن عباس ، وأم سلمة ومن التابعين : ربيعة بن أبي عبد الرحمن ، وسليمان التيمي ، ومقاتل بن حيان وبه قال من الفقهاء : مالك بن أنس ، وسفيان الثوري ، وأحمد بن حنبل"Dan Allah'azza wa jallaberfirman :'Kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya'(QS. Faathir : 10).'Apakah kamu merasa aman terhadapAllah yang di langitkalau Dia hendak menjungkir-balikkan bumi beserta kamu sekalian, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu berguncang'(QS. Al-Mulk : 16). 'Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga'(QS. Al-An'aam : 61). Maka ayat-ayat ini menunjukkan bahwasannyaAllahta'alaberada di atas langit dan ilmu-Nya berada di setiap tempat di bumi dan langit-Nya. Dan diriwayatkan hal itu dari kalangan shahabat : 'Umar, Ibnu Mas'uud, Ibnu 'Abaas, Ummu Salamah; dan dari kalangantabi'iin: Rabii'ah bin Abi 'Abdirrahmaan, Sulaimaan At-Taimiy, Muqaatil-bin Hayyaan; dan dengannya dikatakan oleh parafuqahaa':Maalik bin Anas, Sufyaan Ats-Tsauriy, danAhmad bin Hanbal" [Syarh Ushuulil-I'tiqaad, hal. 387-388].Ibnu 'Abdil-Barrrahimahullahmenjelaskanijma'perkataan Al-Imaam Maalik di atas dengan perkataannya :علماء الصحابة والتابعين الذين حمل عنهم التأويل قالوا في تأويل قوله عز وجل (مَا يَكُونُ مِنْ نَجْوَى ثَلاثَةٍ إِلا هُوَ رَابِعُهُمْ) هو على العرش، وعلمه في كل مكان، وما خالفهم في ذلك أحد يحتج بقوله"'Ulama dari kalangan shahabat dan taabi'iin yang diambilta'wilmereka berkata tentangta'wilfirman-Nya'azza wa jalla: 'Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah yang keempatnya'(QS. Al-Mujaadilah : 7) : 'Allah berada di atas 'Arsy, dan ilmu-Nya berada di setiap tempat'.Tidak ada seorangpun yang dijadikan hujjah perkataannya yang menyelisihi mereka" [Itsbaatu Shifaatil-'Ulluwoleh Ibnu Qudaamah, hal. 166 no. 77].Perlu dicatat, Ibnu 'Abdil-Barrahimahullahadalahfuqahaa'dan ahli-hadits madzhab Maalikiyyah yang tentunya lebih mengetahui madzhab Al-Imaam Maalik dibandingkan lainnya.Kesimpulannya : Shahih perkataan Al-Imaam Maalik bin Anasrahimahullahbahwasannya Allahta'alaberada di atas langit, dan ilmu-Nyalah yang berada di setiap tempat. Inilah madzhab salaf, bukan madzhab Asyaa'irah.Wallaahu a'lam.[abul-jauzaa' – perum ciper, ciomas, bogor – 1432 H].NB : Kira-kira, orang-orang Asyaa'irah jika ditanya : 'dimanakah Allah ?' dapat langsung bergegas menjawab : 'di atas langit' gak ya ?.

Cara Mengatasi Cemburu

Setiap individu yang bercinta pasti pernah merasakan cemburu. Cemburu terbagi atas 3 jenis yaitu:cemburu yang sehat, cemburu tanda sayang dan cemburu buta. Untuk cemburu yang sehat dan cemburu tanda sayang tidak perlu diatasi karena tidak akan jadi masalah malah sebaliknya sangat dibutuhkan dalam suatu hubungan asmara. Nah kalau cemburu buta harus diatasi, bagaimana cara mengatasinya yuk kita simak tip berikut ini:Saling bertoleransi: toleransi dengan pasangan memang sangat diperlukan. Utamakan komunikasi dalam menyelesaikan masalah. Jangan menghukum pasangan karena kesalahan yang dilakukannya karena sebagai manusia biasa kita tidak pernah lepat dari kesalahan. Contoh: cemburu biasanya dikaitkan dengan munculnya orang ketiga, jika masalah ini yang terjadi dengan anda dan pasangan maka ada baiknya anda berdua bicara dari hati kehati. Tanyakan pada pasangan anda apakah dia masih menyayangi anda atau tidak. Jika tidak ditemukan penyelesaian setelah bicara dari hati ke hati maka carilah perantara yaitu orang tuanya untuk berbicara dengan pasangan anda biasanya campur tangan orang tua bisa membantu karena rasa hormat pasangan kepada orang tuanya sehingga dia akan mendengarkan nasehat mereka.Kontrol rasa marah yang membara: rasa marah akan semakin menjadi jika dibiarkan maka bersabarlah jika anda masih menyayangi pasangan. Tanyakan dengan pasangan secara baik-baik apa benar dia selingkuh atau tidak saying lagi kepada anda. Dengan teknik bertanya secara baik tentu pasangan akan menjawab secara baik-baik juga. Jika anda emosi maka pasangan anda pun akan emosi menghadapi pertanyaan anda. Jika jawaban pasangan dia selingkuh tetapi hanya khilap dan masih menyayangi anda maka maafkan kesalahan pasangan dan mintalah dia untuk tidak mengulanginya kembaliBelajar dari kesalahan masa lalu: jika sebelumnya hubungan anda dengan pasangan pernah retak dan putus karena cemburu kemudian anda sekarang kembali bersama lagi dengan pasangan maka belajarlah dari kesalahan masa lalu yang mungkin anda atau pasangan pada waktu lalu tidak ada yang selingkuh hanya saja salah satu dari anda yang terbakar api cemburu akibatnya hubungan anda berdua putusYakin dan percaya dengan pasangan anda: untuk menghindari rasa cemburu yang berlebihan tanamkan dihati anda bahwa pasangan anda tidak akan selingkuh dengan orang lain dan yakinkan hati anda bahwa anda harus percaya dengan pasangan. Tidak perlu curiga jika bukti-bukti yang membuat anda cemburu tidak ada, bisa jadi itu hanya panah syetan yang akan merusak hubungan anda berdua

Koreksi Beberapa Kesalahan dalam Berwudhu

Berwudhu, suatu kegiatan yang sudah akrab dengan kaum muslimin. Seorang muslim yang ingin beramal ibadah dengan benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah tentunya juga ingin mengetahui kesalahan-kesalahan yang terjadi yang dilakukan orang dalam praktik berwudhu, agar dapat terhindar dari kesalahan-kesalahan tersebut. Oleh sebab itu, harap diterangkan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi! JawabanAdabeberapa kesalahan dalam praktek berwudhu di tengah masyarakat. Berikut ini kami akan menerangkan beberapa kesalahan tersebut.Memisahkan Antara Kumur-Kumur dan Menghirup AirMemisahkan antara kumur-kumur dengan menghirup air, dengan cara mengambil air tersendiri untuk dihirup selain dari air untuk berkumur-kumur, merupakan kesalahan yang hampir merata di tengah masyarakat. Perlu kami terangkan bahwa memisahkan antara kumur-kumur dengan menghirup air tidak dilandasi tuntunan yang benar dari Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam .Orang yang melakukan hal tersebut sandarannya hanyalah dibangun di atas hadits yang lemah. Berikut ini penjelasannya.Hadits Thalhah bin Musharrif dari ayahnya, dari kakeknya, beliau berkata,دَخَلْتُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ يَتَوَضَّأُ وَالْمَاءُ يَسِيْلُ مِنْ وَجْهِهِ وَلِحْيَتِهِ عَلَى صَدْرِهِ فَرَأَيْتُهُ يَفْصِلُ بَيْنَ الْمَضْمَضَةِ وَالْإِسْتِنْشَاقِ"Saya masuk menemui Nabi shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam dan beliau sedang berwudhu. Air mengucur dari wajah dan jenggot beliau di atas dadanya. Saya melihat beliau memisahkan antara kumur-kumur dengan menghirup air ke hidung."Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Daud dalam Sunan -nya no. 139, Al-Baihaqy dalam Sunan -nya 1/51, dan Ath-Thabarany jilid 19 no. 409-410. Semuanya dari jalan Al-Laits bin Abi Sulaim dari Thalhah bin Musharrif, dari ayahnya, dari kakeknya. Lalu dalam salah satu riwayat Ath-Thabarany dengan lafazh,إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ تَوَضَّأَ فَتَمَضْمَضَ ثَلاَثًا وَاسْتَنْشَقَ ثَلاَثًا يَأْخُذُ لِكُلِّ وَاحِدَةٍ مَاءً جَدِيْدًا …"Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam berwudhu lalu berkumur-kumur tiga kali dan menghirup air tiga kali. Beliau mengambil air baru (baca: tersendiri) untuk setiap anggota…."Hadits ini adalah hadits yang lemah sebagaimana yang dikatakan oleh Abu Hatim dalam Al-'Ilal 1/53 karya anaknya. Ada dua kelemahan dalam sanadnya:Pertama , terdapat rawi yang bernama Al-Laits bin Abi Sulaimdan ia telah dilemahkan oleh Ibnu Mahdy, Yahya Al-Qaththan, Ibnu 'Uyyainah, Ibnu Ma'in, Ahmad, Abu Hatim, Abu Zur'ah, Ya'qub Al-Fasawy, An-Nasa`i dan lain-lainnya, bahkan Imam An-Nawawy, dalam Tahdzib Al-Asma` Wa Al-Lughat 1/2/75, menukil kesepakatan para ulama atas lemah dan goncangnya hadits Al-Laits bin Abi Sulaim.Kedua , ayah Thalhah bin Musharrif adalah rawi yang majhul 'tidak dikenal'.Baca Tahdzibut Tahdzib , Al-Badrul Munir 3/277-286, At-Talkhish Al-Habir 1/133-134, dan Nashbur Rayah 1/17.Al-Hafizh Ibnu Hajar, dalam At-Talkhish , menyebutkan bahwa Ibnus Sakan menyebut dalam Shahih -nya satu hadits dari jalan Abu Wa`il Syaqiq bin Salamah, bahwa beliau berkata,شَهِدْتُ عَلِيَّ بْنَ أَبِيْ طَالِبٍ وَعُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ تَوَضَّأَ ثَلاَثًا ثَلاَثًا فَأَفْرَدَا الْمَضْمَضَةَ مِنَ الْإِسْتِنْشَاقِ ثُمَّ قَالاَ : هَكَذَا رَأَيْنَا رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ تَوَضَّأَ"Saya menyaksikan 'Ali bin Abi Thalib dan 'Utsman bin 'Affan berwudhu tiga kali-tiga kali, lalu keduanya menyendirikan (baca: memisahkan) kumur-kumur dari menghirup air. Kemudian keduanya berkata, 'Demikianlah kami melihat Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam berwudhu.'."Saya berkata , "Al-Hafizh Ibnu Hajar tidak menyebutkan sanad hadits ini, tapi bisa dipastikan bahwa hadits ini lemah karena 'Utsman bin 'Affan, dalam riwayat Bukhary-Muslim dan selainnya, telah memeragakan cara Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam berwudhu dan beliau tidak memisahkan antara kumur-kumur dan menghirup air. Demikian pula 'Ali bin Abi Thalib, dalam riwayat yang shahih dari beliau, memeragakan cara Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam berwudhu, tetapi tidak memisahkan antara kumur-kumur dan menghirup air.Kemudian saya menemukan sanad hadits Abu Wa`il Syaqiq bin Salamah yang disebutkan oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar tersebut, yaitu diriwayatkan oleh Ibnul Ja'd sebagaimana dalam Al-Ja'diyyat no. 3406 dan dari jalannya diriwayatkan oleh Al-Maqdasy dalam Al-Mukhtarah no. 347 dari jalan 'Abdurrahman bin Tsabit bin Tsauban, dari 'Abdah bin Abi Lubabah, dari Syaqiq bin Salamah, sama dengan lafazh yang disebut oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar tapi 'Ali bin Abi Thalib tidak disebutkan.Adapun 'Abdurrahman bin Tsabit bin Tsauban, yang ada di dalam sanad, adalah rawi yang dha'if maka hadits ini adalah mungkar karena menyelisihi riwayat para rawi yang tsiqah 'terpercaya' yang tidak menyebutkan lafazh ini."Maka sebagai kesimpulan, seluruh hadits, yang menjelaskan bahwa kumur-kumur dipisah dari menghirup air, adalah lemah.Berkata Imam An-Nawawy dalam Al-Majmu' Syarh Al-Muhadzdzab 1/398, "Adapun memisah (antara kumur-kumur dan menghirup air-pent.), tidak ada sama sekali hadits yang tsabit 'kuat, sah'. Yang ada hanyalah hadits Thalhah bin Musharrif dan ia adalah (rawi yang) lemah."Berkata Ibnul Qayyim dalam Zadul Ma'ad 1/192-193, "Dan tidaklah datang (keterangan tentang) memisah antara kumur-kumur dan menghirup air dalam hadits yang shahih sama sekali."Setelah membaca uraian lemahnya hadits yang menjelaskan disyariatkannya memisahkan antara kumur-kumur dan menghirup air, mungkin akan muncul pertanyaan di dalam benak, "Kalau cara memisah antara kumur-kumur dan menghirup air itu salah, lalu bagaimana cara yang benarnya?"Jawabannya dari dua sisi:Secara global , kami menetapkan bahwa berkumur-kumur dan menghirup air adalah menggabungkannya dengan cara mengambil air lalu digunakan untuk berkumur-kumur sekaligus menghirup air.Secara rinci , dalam hadits Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam diterangkan tiga kaifiyah 'cara' dalam berkumur-kumur dan menghirup air.Pertama ,berkumur-kumur dan menghirup air secara bersamaan dari satu telapak tangan sebanyak tiga kali cidukan. Hal ini diterangkan dalam beberapa hadits, di antaranya hadits 'Abdullah bin Zaid riwayat Bukhary-Muslim,فَتَمَضْمَضَ وَاسْتَنْشَقَ مِنْ كَفٍّ وَاحِدَةٍ فَعَلَ ذَلِكَ ثَلاَثًا"Maka beliau berkumur-kumur dan menghirup air dari satu telapak tangan. Beliau mengerjakan itu sebanyak tiga kali."Kedua ,berkumur-kumur dan menghirup air secara bersamaansebanyak tiga kali dari satu kali cidukan air dengan satu telapak tangan. Cara ini, walaupun agak sulit diterapkan, tetapi memungkinkan dan bisa dilakukan, sebab kaifiyah ini telah diterangkan dalam hadits 'Abdullah bin Zaid riwayat Bukhary,فَمَضْمَضَ وَاسْتَنْثَرَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ مِنْ غُرْفَةٍ وَاحِدَةٍ"Maka beliau berkumur-kumur dan (menghirup air lalu) mengeluarkannya sebanyak tiga kali dari satu cidukan."Ketiga ,berkumur-kumur tiga kali lalu menghirup air tiga kali dari satu kali cidukan dengan satu telapak tangan. Hal ini dijelaskan dalam hadits 'Ali bin Abi Thalib,ثُمَّ أَدْخَلَ يَدَهُ الْيُمْنَى فِي الْإِنَاءِ فَمَضْمَضَ ثَلاَثًا وَاسْتَنْشَقَ ثَلاَثًا"Kemudian beliau memasukkan tangan kanannya ke dalam bejana lalu berkumur-kumur tiga kali dan menghirup air tiga kali."(diriwayatkan olehAbu Daud, An-Nasa`idan lain-lain, dan dishahihkan oleh Syaikh Muqbil dalam Jami' Ash-Shahih dan Al-Hafizh, dalam At-Talkhish , menyebutkan jalan-jalan yang banyak dari hadits ini)Walaupun hadits ini mengandung ihtimal 'kemungkinan', tetapi zhahirnya menunjukkan kaifiyah tersendiri. Wallahu a'lam.Baca Ikhtiyarat Ibnu Qudamah 1/158, Al-Mughny 1/170-171, dan Al-Majmu' 1/397-398.Lalai Dalam Menyempurnakan WudhuLalai dalam menyempurnakan wudhu, sehingga menyebabkan ada bagian dari anggota wudhu (anggota badan dalam berwudhu) yang terluput dari basuhan air, adalah kesalahan besar, apalagi kalau yang terluput dari basuhan air itu adalah anggota yang merupakan rukun wudhu, maka wudhu dianggap batal. Dimaklumi bersama, bahwa anggota yang merupakan rukun wudhu adalah yang tertera dalam ayat 5 surah Al-Maidah,"Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian berdiri hendak mengerjakan shalat, maka cucilah wajah-wajah kalian dan tangan-tangan kalian sampai ke siku, lalu usaplah kepala-kepala kalian dan cucilah kaki-kaki kalian sampai ke mata kaki."Berikut ini beberapa dalil yang menunjukkan kewajiban dan keutamaan menyempurnakan wudhu.Pertama ,hadits Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam mengajar seseorang yang jelek shalatnya,إِذَا قُمْتَ إِلَى الصَّلاَةِ فَأَسْبِغِ الْوُضُوْءَ"Jika kamu hendak shalat, maka sempurnakanlah wudhu." (diriwayatkan oleh Bukhary-Muslim)Kedua ,hadits Laqith bin Saburah, bahwa Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam bersabda kepadanya,أَسْبِغِ الْوُضُوْءَ"Sempurnakanlah wudhu."(Diriwayatkan oleh Asy-Syafi'iy dalam Al-Umm 1/52, Ahmad 4/32-33, 'Abdurrazzaq no. 79, Abu 'Ubaid dalam Ath-Thahur no. 284, Ath-Thayalisy no. 171, Al-Bukhary dalam Al-Adab Al-Mufrad no. 166, Abu Daud no. 141, Tirmidzy no. 788, Ibnu Majah no. 407, An-Nasa`i 1/66,79, Ibnul Mundzir dalam Al-Ausath 1/406-407, Ibnu Khuzaimah no. 150 168, Ibnu Hibban no. 1053, 1087, Al-Hakim 1/247-248 dan 4/123, Al-Baihaqy 1/50, 51, 76 dan 7/303, Ath-Thabarany 19/no. 281, dan Ibnu 'Abdil Barr 18/223. Dishahihkan oleh Syaikhuna Muqbil dalam Al-Jami' Ash-Shahih )Ketiga , hadits Abu Hurairah dan 'Abdullah bin 'Amr bin 'Ash riwayat Bukhary-Muslim dan hadits 'Aisyah riwayat Muslim, bahwa Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam bersabda,وَيْلٌ لِلْأَعْقَابِ مِنَ النَّارِ"Celakalah tumit-tumit dari api neraka."Sebab wurud (pengucapan) hadits adalah karena sebagian dari para shahabat yang berwudhu dan hanya mengusap di atas kakinya, maka Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam menegur mereka dengan hadits di atas.Keempat , hadits 'Utsman bin 'Affan, Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam bersabda,مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَتَطَهَّرُ فَيُتِمُّ الطُّهُوْرَ الَّذِيْ كَتَبَ اللهُ عَلَيْهِ فَيُصَلِّيْ هَذِهِ الصَّلَوَاتَ الْخَمْسَ إِلاَّ كَانَتْ كَفَّارَاتٍ لِمَا بَيْنَهُمَا"Tidaklah seorang muslim berwudhu lalu ia menyempurnakan wudhu yang Allah tetapkan atasnya kemudian dia mengerjakan shalat lima waktu, kecuali ia menjadi kaffarah (penggugur dosa) di antara kelimanya."(diriwayatkan oleh Muslim)Kelima , hadits 'Utsman bin 'Affan riwayat Muslim, Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam menyatakan,مَنْ تَوَضَّأَ لِلصَّلاَةِ فَأَسْبَغَ الْوُضُوْءَ ثُمَّ مَشَى إِلَى الصَّلاَةِ الْمَكْتُوْبَةِ فَصَلاَّهَا مَعَ النَّاسِ أَوْ مَعَ الْجَمَاعَةِ أَوْ فِي الْمَسْجِدِ غَفَرَ اللهُ لَهُ ذَُنُوْبَهُ"Barangsiapa yang berwudhu untuk shalat, lalu ia menyempurnakan wudhunya kemudian melangkah untuk mengerjakan shalat wajib sehingga ia shalat wajib bersama orang-orang atau bersama jamaah atau di mesjid, maka Allah mengampuni untuk dosa-dosanya."Mencuci Anggota Wudhu Lebih Dari Tiga KaliRasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam , dalam mencuci anggota wudhu, mencontohkan beberapa kaifiyah.Kadang beliau mencuci anggota wudhunya tiga-tiga kali,sebagaimana yang diterangkan dalam hadits yang sangat banyak, seperti hadits 'Utsman bin 'Affan riwayat Bukhary-Muslim dan hadits 'Abdullah bin Zaid riwayat Bukhary-Muslim.Kadang pula beliau mencuci anggota wudhunya dua-dua kali,sebagaimana dalam hadits 'Abdullah bin Zaid riwayat Bukhary,أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ تَوَضَّأَ مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ"Sesungguhnya Nabi shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam berwudhu 2 kali 2 kali."Kadang beliau juga mencuci anggota wudhunya satu-satu kali,dan ini merupakan batasan wajibnya. Hal ini diterangkan oleh Ibnu 'Abbas dalam riwayat Bukhary,تَوَضَّأَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ مَرَّةً مَرَّةً"Nabi shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam berwudhu satu kali satu kali."Selain itu, kadang beliau berselang-seling dalam mencucinya dengan cara mencuci sebagiannya tiga kali, sebagian lain dua dan satu kali, sebagaimana praktik wudhu Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam yang diperagakan oleh 'Abdullah bin Zaid,فَأَكْفَأَ عَلَى يَدَيْهِ فَغَسَلَهُمَا ثَلاَثًا ثُمَّ أَدْخَلَ يَدَهُ فَاسْتَخْرَجَهُمَا فَمَضْمَضَ وَاسْتَنْشَقَ مِنْ كَفٍّ وَاحِدَةٍ فَفَعَلَ ذَلِكَ ثَلاَثًا ثُمَّ أَدْخَلَ يَدَهُ فَاسْتَخْرَجَهُمَا فَغَسَلَ وَجَهَهُ ثَلاَثُا ثُمَّ أَدْخَلَ يَدَهُ فَاسْتَخْرَجَهُمَا فَغَسَلَ يَدَيْهِ إِلَى الْمِرْفَقَيْنِ مَرَّتَيْنِ ثُمَّ أَدْخَلَ يَدَهُ فَاسْتَخْرَجَهُمَا فَمَسَحَ بِرَأْسِهِ فَأَقْبَلَ بِيَدَيْهِ وَأَدْبَرَ ثُمَّ غَسَلَ رَجْلَيْهِ إِلَى الْكَعْبَيْنِ."Maka beliau menuangkan air di atas telapak tangannya kemudian mencucinya tiga kali kemudian beliau memasukkan tangannya (ke dalam bejana) lalu mengeluarkannya kemudian beliau berkumur-kumur dan menghirup air dari satu telapak tangan, beliau lakukan itu tiga kali. Kemudian beliau memasukkan tangannya lalu mengeluarkannya kemudian mencuci wajahnya tiga kali. Kemudian beliau memasukkan tangannya lalu mengeluarkan kemudian mencuci kedua tangannya sampai ke siku dua kali dua kali. Kemudian beliau memasukkan tangannya lalu mengeluarkannya kemudian mengusap kepalanya; menggerakkan kedua tangannya ke belakang dan mengedepankannya. Kemudian beliau mencuci kedua kakinya sampai ke mata kaki." (diriwayatkan oleh Bukhary-Muslim, dan lafazh ini milik Muslim)Ini tuntunan Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam dalam mencuci anggota wudhunya, tidak dinukil beliau mencuci anggota wudhunya lebih dari tiga kali, bahkan yang ada adalah larangan melebihi tiga kali sebagaimana yang diterangkan dalam hadits dari jalan 'Amr bin Syu'aib dari ayahnya dari kakeknya,جَاءَ أَعْرَابِيٌّ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ يَسْأَلُهُ عَنِ الْوُضُوْءِ فَأَرَاهُ ثَلاَثًا ثَلاَثُا فَقَالَ : هَذَا الْوُضُوْءُ فَمَنْ زَادَ عَلَى هَذَا فَقَدْ أَسَاءَ وَتَعَدَّى وَظَلَمَ"Datang seorang A'raby kepada Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam bertanya kepadanya tentang wudhu. Maka beliau memperlihatkan wudhu tiga-tiga kali lalu beliau berkata, 'Inilah wudhu, siapa yang menambah di atas ini maka ia telah berbuat jelek, melampaui batas dan berbuat zhalim.'."(Diriwayatkan oleh Abu Daud no. 135, Ibnu Majah no. 422, An-Nasa`i no. 140, Ahmad 2/180, Ibnul Jarud dalam Al-Muntaqa no. 75, Ibnu Khuzaimah no. 174, Ath-Thahawy dalam Syarh Musykil Al-Atsar 1/36 , Ibnul Mundzir dalam Al-Ausath 1/361 no. 329, dan Al-Baihaqy 1/79 dengan sanad yang hasan)Paraulama menyebutkan bahwa dikatakan ia berbuat jelek karena meninggalkan yang lebih utama dan dikatakan melampaui batas karena melampaui batasan sunnahnya dan dikatakan berbuat zhalim karena menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya.Tapi, perlu diingat, bahwa larangan mencuci anggota wudhu lebih dari tiga kali ini berlaku kalau anggota wudhunya dengan tiga kali telah terbasuh sempurna dengan air, adapun seperti orang yang berada di terik matahari atau semisalnya kemudian tatkala dia membasuh anggota wudhunya tiga kali dan ternyata setelah itu masih ada bagian yang belum tersentuh oleh air maka di sini ia boleh menambah dan membasuh bagian yang belum tersentuh air tersebut berdasarkan dalil-dalil yang telah disebutkan di atas tentang kewajiban menyempurnakan wudhu.Selain itu, para ulama berbeda pendapat tentang larangan melebihkan cucian dari tiga kali, apakah larangan itu bersifat makruh atau haram.Imam Syafi'i dan mayoritas ulama syafi'iyah menganggap hal tersebut makruh karahah tanzih 'makruh yang tidak sampai haram'.Ibnul Mubarak berkata, "Saya tidak menjamin seseorang yang melebihkan wudhunya lebih dari tiga kali bahwa ia tidak berdosa."Berkata Ahmad dan Ishaq, "Tidak ada yang menambah lebih dari tiga kali kecuali orang yang tertimpa musibah/malapetaka."Imam Al-Bukhary berkata, "Dan Nabi shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam menerangkan bahwa kewajiban wudhu adalah satu-satu kali dan beliau juga berwudhu dua-dua kali dan tiga-tiga kali dan beliau tidak menambah di atas tiga kali, dan para ulama menganggap makruh berlebihan di dalamnya dan melewati perbuatan Nabi shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam."Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata,"Itu juga adalah bid'ah dan kesesatan menurut kesepakatan kaum muslimin. Bukanlah sunnah dan bukan ketaatan dan qurbah 'pendekatan diri' dan siapa yang mengerjakannya di atas dasar itu sebagai ibadah dan ketaatan maka hendaknya dilarang dari hal tersebut. Kalau tidak mau, maka diberi ta'zir 'hukuman pelajaran' untuknya karena itu."Baca Al-Mughny 1/193-194, Shahih Al-Bukhary bersama Fathul Bary 1/232-234, Al-Majmu' 1/466-468, Al-Fatawa 21/168, Nailul Authar 1/218, dan lain-lain.Mengusap Kepala Tiga KaliMengusap kepala tiga kali juga termasuk kesalahan-kesalahan dalam wudhu karena hal tersebut tidak dibangun di atas landasan yang kuat.Untuk mengetahui tidak kuatnya landasan pendapat ini simak uraian pendapat para ulama dalam masalah ini.Pendapat pertama , disunnahkan mengusap kepala tiga kali. Ini adalah pendapat Imam Syafi'iy dan pengikutnya, pendapat Imam Ahmad dalam satu riwayat, dan Daud Azh-Zhahiry. Dalilnya sebagai berikut:1. Hadits-hadits yang disebutkan di atas bahwa Nabi shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam berwudhu tiga kali-tiga kali. Masuk di dalamnya tiga kali-tiga kali.2. Mereka juga berdalilkan dengan hadits 'Utsman bin 'Affan dalam sebagian riwayat dengan lafazh,وَمَسَحَ رَأْسَهُ ثَلاَثًا"Dan beliau mengusap kepalanya tiga kali."Pendapat kedua , tidak disyariatkan mengusap kepala kecuali satu kali. Ini merupakan pendapat jumhur ulama seperti Abu Hanifah, Malik, Ahmad yang diriwayatkan dari Ibnu 'Umar, Salim bin 'Abdillah, An-Nakha'iy, Mujahid, Thalhah bin Musharrif dan Al-Hakam bin 'Utaibah.Dalil akan kuatnya pendapat ini sangat banyak, di antaranya:* Hadits 'Abdullah bin Zaid riwayat Bukhary-Muslim,ثُمَّ مَسَحَ بِرَأْسِهِ فَأَقْبَلَ وَأَدْبَرَ مَرَّةً وَاحِدَةً"Kemudian beliau mengusap kepalanya mengedepankan dan mengebelakangkannya satu kali."* Hadits 'Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu ketika beliau mencontohkan wudhu Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam ,فَمَسَحَ بِرَأْسِهِ مَرَّةً وَاحِدَةً"Kemudian beliau mengusap kepalanya satu kali."Riwayat Abu Daud no. 111, Tirmidzy no. 48, An-Nasa`i no. 92, Ahmad 1/154, Al-Baihaqy 1/68, Al-Maqdasy no. 642, dan lain-lain. Dishahihkan oleh Syaikhuna Muqbil dalam Al-Jami' Ash-Shahih .* Hadits-hadits yang sangat banyak yang menjelaskan sifat wudhu Rasulullah shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam , yang hadits-hadits tersebut menyebutkan seluruh anggota wudhu dicuci tiga kali kecuali kepala tidak disebutkan berapa kali diusap. Ini menunjukkan bahwa jumlah usapan kepala tidaklah sama dengan anggota yang lainnya.Adapun dalil-dalil pendapat pertama di jawab sebagai berikut,1. Konteks hadits-hadits yang menunjukkan bahwa Nabi shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam mencuci anggota wudhunya tiga kali-tiga kali adalah riwayat yang global/mutlak dan riwayat global ini telah diterangkan secara rinci dalam hadits-hadits yang telah disebutkan bahwa Nabi shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam mengusap kepala satu kali.2. Seluruh hadits-hadits yang menerangkan bahwa Nabi shallallahu ' alaihi wa alihi wa sallam mengusap kepala lebih dari satu kali adalah hadits-hadits yang lemah.

Otak dan Pembelajaran

Sudah sangat wajar, seandainya kita menginginkan anak-anak yang sangat kita kasihi tumbuh menjadi orang yang bertubuh sehat, berotak cerdas, berjiwa bersih, serta berakhlak mulia. Agar tubuhnya sehat, mungkin kita akan berkonsultasi dengan dokter. Agar jiwanya bersih, mungkin kita akan berdialog dengan ahli ilmu jiwa. Agar akhlaknya mulia, mungkin kita bertanya kepada para ulama atau tokoh agama. Lalu, bagaimana agar otaknya cerdas? Bilamana ini terjadi, kita perlu berbicara dengan para guru yang bertanggungjawab atas pembelajaran anak-anak kita dikelas.Pembelajaran tidak ubahnya proses berpikir atau dengan kata lain merupakan proses pemanfaatan dan penggunaan otak secara maksimal. Menurut beberapa ahli, otak manusia terdiri dari dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri. Masing-masing belahan otak memiliki spesialisasi dalam kemampuan-kemampuan tertentu. Hal ini senada dengan yang dipaparkan Bobby De Porter tak gampang lupa. I see, jadi inilah penyebab kenapa seseorang yang patah hati susah sekali melupakan kenangan indah bersama si dia. Setiap hal yang dilakukan bersama si dia, melibatkan emosi secara mendalam, sih. Kenapa hal ini tidak kita lakukan ketika sedang belajar, ya?Karena namanya otak mamalia, setiap mamalia punya otak ini. Mungkin karena itulah mamalia lebih bersahabat dengan manusia daripada reptil. Lihat deh kucing, masih bisa dielus-elus, disayang-sayang. Sedang buaya, jangankan mau dielus, didekati saja mulutnya sudah menganga.3. Neokorteks atau otak berpikir.Nah, inilah yang membedakan manusia dengan mahluk lainnya di muka bumi; otak berpikir! Fungsinya untuk mengendalikan penglihatan, pendengaran, kreasi, berpikir, berbicara, dan semua hal yang berkaitan dengan kemampuan yang lebih tinggi atau intelegensi. Manusia, banget kan!Neokorteks inilah yang membuat kita; manusia, bisa mengendalikan nafsu dan emosi. Tidak seperti binatang yang begitu pengen langsung main serodok. Neokorteks membuat kita berpikir secara intelek, waras, mengambil keputusan hati-hati, kendali motorik sadar dan menciptakan gagasan nonverbal. Bersyukurlah karena Yang Kuasa memberi kita Neokorteks selain otak reptil dan otak mamalia.Ketiga bagian otak ini menjadi satu kesatuan. Kesatuan otak ini juga yang kemudian terbagi menjadi belahan otak kiri dan kanan, sebagaimana yang sudah saya jelaskan di awal. Keseimbangan penggunaan otak kiri dan kanan sangat penting agar seluruh potensi kita bisa keluar; bermanfaat untuk kehidupan. Ada kalanya seseorang cenderung hanya memakai belahan otak tertentu saja. Maka dari itu, kita harus tahu dulu bagian otak mana yang lebih sering kita gunakan. Cara gampangnya dengan menganalisa kebiasaan kita dan mencocokkannya dengan ciri-ciri yang sudah saya sebutkan. Setelah itu lakukan rangsangan untuk mengaktifkan belahan otak yang lain.Pembelajaran dan Memaksimalkan Kinerja OtakSecara neurobiologis, otak manusia terdiri atas miliaran sel saraf atau neuron yang menyebar di keseluruhan otak manusia. Seperti yang dikemukakan oleh seorang neurolog, Gerald Edelman, pemenang hadiah nobel, dibutuhkan lebih dari 32 juta tahun untuk menghitung semua sinaps di dalam otak manusia dengan kecepatan satu sinaps per detik. Jika dipusatkan perhatian pada kemungkinan jumlah hubungan saraf di dalam otak, maka didapati jumlah yang sangat menakjubkan yaitu 10 diikuti sejuta angka nol. Setiap saraf otak itu saling berhubungan dan berkomunikasi melalui satu hubungan atau lebih (Restak, 2004:5). Walaupun demikian, setiap saraf yang ada dalam otak mempunyai tanggung jawab dan fungsi masing-masing. Misalnya, kegiatan membaca mengaktifkan area oksipital dan frontal. Mendengarkan musik dengan mata terpejam mengaktifkan area temporal, frontal dan serebelum. Di samping itu, secara garis besar, otak otak manusia terbagi atas kerja otak belahan otak kanan, tetapi aktifitas kerja kedua otak tersebut tidak terpisah. Aktivitas kedua otak itu saling menyatu dan juga saling membangun.Otak manusia terdiri dari belahan otak kiri dan kanan. Otak kiri atau left cerebral hemisphere berkaitan dengan fungsi akademik yang terdiri dari kemampunan berbicara, kemampuan mengolah tata bahasa, baca tulis, daya ingat (nama, waktu dan peristiwa), logika, angka, analisis, dan lain-lain. Sementara otak kanan atau right cerebral hemisphere tempat untuk perkembangan hal-hal yang bersifat artistik, kreativitas, perasaan, emosi, gaya bahasa, irama musik, imajinasi, khayalan, warna, pengenalan diri dan orang lain, sosialisasi, pengembangan kepribadian. Para ahli banyak yang mengatakan otak kiri sebagai pengendali IQ (Intelligence Quotient), sementara otak kanan memegang peranan penting bagi perkembangan EI (Emotional Intelligence) seseorang.Cara kerja otak kanan bersifat acak, tidak teratur, intuitif dan holistik. Cara berpikirnya sesuai dengan cara-cara untuk mengetahui yang bersifat non verbal seperti perasaan dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (merasakan kehadiran suatu benda atau orang), kesadaran spasial, pengenalan bentuk dan pola, musik, seni, kepekaan warna, kreativitas dan visualisasi.Kedua belahan otak perlu dikembangkan secara optimal dan seimbang. Belajar yang hanya cenderung memanfaatkan otak kiri, misalnya dengan memaksa anak untuk berpikir logis dan rasional akan membuat anak dalam posisi "kering dan hampa". Oleh karena itu belajar berpikir logis dan rasional perlu didukung oleh pergerakan otak kanan, misalnya dengan memasukkan unsur-unsur `yang dapat mempengaruhi emosi, yaitu unsur estetika melalui proses belajar yang menyenangkan dan menggairahkan. Dalam standar proses pendidikan, belajar adalah memanfaatkan kedua belahan otak secara seimbang. Belajar jadi mudah jika guru dapat menyeimbangkan kedua fungsi otak dalam proses pembelajaran.Setiap belahan otak, baik otak kiri maupun otak kanan pada hakikatnya mempunyai mempunyai tanggung jawab dan fungsi masing-masing. Misalnya, Otak kiri berkaitan dengan akademik, seperti perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan dan logika, sedangkan Otak kanan berfungsi dalam hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna. Namun, aktifitas kerja kedua otak tersebut tidak terpisah. Aktivitas kedua otak itu saling menyatu dan juga saling membangun. Sebagai contoh, ketika melihat beberapa pohon dengan dedaunannya yang berguguran, tanah yang kering, dan cuaca yang teramat panas. Kita akan memerikan, menganalisis, dan menggeneralisasikan semua hal tersebut dengan belahan otak kanan. Setelah hal tersebut dilakukan oleh otak kanan, maka belahan otak kirilah kemudian yang mengkomunikasikannya secara verbal. Misalnya, ketika kita berkata, "dedaunan itu banyak berguguran, tanah yang disekitarnya kering, dan ternyata sekarang adalah musim kemarau". Belahan otak kirilah yang bertanggung jawab terhadap pengolahan bahasa dan mengutarakan konsep-konsep yang ada dalam persepsi seseorang. Namun, semua merupakan hasil dari penggeneralisasian yang dilakukan oleh belahan otak kanan. (Restak, 2004:97).Ke depan, guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah hendaknya mengetahui dan memahami bahwa pentingnya memanfatkan kedua belah otak untuk belajar. Belajar jadi mudah jika guru dapat menyeimbangkan kedua fungsi otak dalam proses pembelajaran. Otak kanan sebagai kreativitas dan imajinasi dan juga merupakan faktor nonkebahasaan dapat memberikan ide bagi otak kiri dalam melahirkan kata-kata dan bahasa. Kreativitas dan imaginasi sangatlah penting dalam proses pembelajaran bahasa. Kreatifitas dan imajinasi perlu dikembangkan. Jika kreatifitas dikembangkan dalam proses pembelajaran, maka pembelajaran akan menjadi suatu proses yang menyenangkan bagi siswa. Implikasinya pada diri siswa akan terbentuk pola pembelajaran yang kreatif dan tidak tergantung pada orang lain. Ini akan menjadikan siswa lebih siap dan mampu menyesuaikan diri dengan segala perubahan dan tuntutan yang terjadi dalam lingkungannya.